Tuesday, February 7, 2012

penelitian menurut Suharsimi Arikunto dan Sugiyono


Suharsimi Arikunto menyatakan bahwa :
“Metode yang dapat dipergunakan dalam melaksanakan suatu penelitian dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :
a.      -- - Pendekatan diskriptif
b.      -- - Pendekatan historis
c.       -- eksperimental

Suharsimi Arikunto menyatakan bahwa :
 “objek penelitian adalah variabel penelitian yaitu sesuatu yang merupakan inti dari problematika penelitian. Sedangkan benda, hal atau orang tempat data untukj variabel penelitian melekat dan dipermasalahkan disebut objek”


Suharsimi Arikunto menyatakan bahwa :
“Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian . apabila seseorang ingin meneliti semua element yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi. Study atau penelitiannya juga disebut study populasi atau study sensus.”

Suharsimi Arikunto menyatakan bahwa :
“Sample adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Dinamakan sample apabila kita bermaksud untuk meng-generalisasi-kan hasil penelitian sample. Yang dimaksud meng-generalisasi-kan adalah mengangkat kesimpulan penelitian sebagai suatu yang berlaku bagi populasi.”

Suharsimi Arikunto menyatakan bahwa :
“Data adalah segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan.”
_________________________________________________________________________________
Sugiyono  menyatakan bahwa:
 ”Metode penelitian pada dasarn ya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu” .

Sugiyono menyatakan bahwa:
“Metode deskriptif adalah metode yang berfungsis untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya, tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum”.

Istilah variabel menurut  Sugiyono  adalah sebagai berikut :
”Variabel Bebas ( Independent  Variable ) adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi penyebab timbulnya variabel  dependent (terikat).”

 Sugiyono menyatakan bahwa:
“Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang di terapkan oleh peneliti untuk diteliti dan kemudian ditarik samplenya.”

0 comments:

Post a Comment

 
Design by sektor13 | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Fatawi, KPI